Selasa, 24 November 2015

Bosan Hidup Dalam Kekangan, Pemuda Ini Bangun Negara Sendiri


Bosan dengan kehidupan perkotaan yang selalu sibuk membuat seorang seniman asal New York memutuskan untuk membuat sebuah negara sendiri. Meet Zaq Lansberg memilih sebuah tempat di tengah gurun Utah sebagai negara pribadinya.

Semua dimulai pada tahun 2005 ketika Meet membeli sebuah tanah tak berpenghuni di gurun Utah yang dibeli di eBay dengan harga 610 USD (Rp 8,5 juta). Dalam kunjungan pertamanya, dia memasang bendera merah dan kuning di tengah gurun sebagai tanda kepemilikan.

Tak lama kemudian, dia memiliki sebuah ide untuk mengubah daerah tersebut menjadi sebuah negara dan menamakannya dengan namanya. Begitu lah bagaimana sebuah negara bernama Zaqistan terbentuk dengan moto "sesuatu dari tidak ada".

Ketika ditanyai mengenai motifnya melakukan hal ini dia hanya mengatakan jika tidak ada standar hukum mengenai apa yang menjadi sebuah negara dan tidak. Dia pun menambahkan jika pemerintah tidak mengakui keberadaan Zaqistan tetapi juga tidak menghentikannya melakukan ini.
Paspor Negara Zaqistan

Meet kini mengunjungi Zaqistan beberapa hari dalam setahun dan membuat berbagai monumen artistik setiap kali datang. Dia juga memiliki gerbang perbatasan patroli dengan robot penjaga raksasa. Bahkan Meet telah menjual paspor nyata dengan harga 40 USD (Rp 550 ribu) melalui situsnya.
Gerbang Zaqistan

Meet sendiri tidak berencana membangun kabin di daerah tersebut karena tidak ada sumber air yang dekat dan kota terdekat berada setidaknya 96 km dari negara kecilnya. Dia juga mengaku selalu rajin membayar pajak, jadi apa yang dilakukannya ini bukan lah sesuatu yang ilegal. Bahkan Meet berharap jika Zaqistan suatu saat nanti benar-benar menjadi sebuah negara yang diakui.[wowkeren]

Artikel Terkait

Bosan Hidup Dalam Kekangan, Pemuda Ini Bangun Negara Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email