Minggu, 22 November 2015

Jim Geovedi Peretas Indonesia Disegani Di Dunia


Kisah atau film tentang hacker memang selalu menarik dan seru untuk diikuti dan membuat terkagum-kagum. Dengan keahliannya, seorang hacker dapat dengan leluasa masuk ke berbagai sistem data yang telah terproteksi sangat kuat sekalipun. Bahkan, seorang hacker dengan mudahnya memindahkan isi seluruh rekening tabungan Anda menjadi 0 rupiah.

Sebagai negara yang kian berkembang, Indonesia juga memiliki beberapa hacker yang terkenal. Salah satunya adalah Jim Geovedi. Pria kelahiran Bandar Lampung 28 Juni 1979 ini dikenal sebagai hacker Indonesia yang diakui dunia. Ia kerap menjadi pembicara di pertemuan hacker internasional.

Sebagai orang yang memiliki keahlian peretasan, dengan mudahnya Jim masuk ke pusat data dan merekam percakapan, serta mengintip aktifitas Anda di dunia maya. Sudah pasti mudah baginya, mencuri data-data penting seperti laporan keuangan dan, mungkin, sistem pertahanan negara.

Keahlian Jim kerap digunakan oleh klien-klien dari perbangkan, asuransi dan lainnya untuk menguji sistem komputer perusahaan-perusahaan tersebut. Salah satu klien yang pernah menggunakan keahlian Jim adalah KPU. Pada tahun 2004, Jim pernah disewa untuk membantu KPU saat data pusat penghitungan suara Pemilu diretas. Hasilnya, Jim berhasil mengungkap hacker bernama Dani Frimansyah. Untungnya, Dani hanya sekadar mengetes sistem pertahanan KPU tanpa ada maksud politis apapun.

Lantas, hal besar apa yang bisa dilakukan seorang Jim Geovedi? Dalam sebuah percakapan dengan Deutsche Welle, sebuah kantor berita TV dan Radio di Jerman, Jim mengatakan kalau saja dia mau dengan mudah ia bisa mengontrol internet di seluruh Indonesia. Lalu, Jim menantang untuk membobol situs Deutsche Welle saat itu juga.

Yang lebih hebatnya lagi, Jim dapat mengendalikan dua satelit Indonesia dan Cina milik para kliennya. Jim berhasil menggeser orbit satelit Cina dan membuat kliennya panik.

Background Pendidikan Jim Geovedi
Mungkin, Anda tak akan percaya. Jim tidak memiliki latar pendidikan formal yang membuat dia menjadi hacker terkenal. Jim hanya tamatan SMA. Awalnya, Jim hanyalah seorang seniman grafis yang menjalani kehidupan dengan keras.

Pada tahun 1999, ia bertemu seorang pendeta uanh memperkenalkannya pada komputer dan internet. Dari sini, Jim belajar secara otodidak dan menelusuri ruang obrolan para pereta ternama dunia. Sosok Jim kembali memberi bukti bahwa tanpa gelar akademik seseorang dapat sukses.

Salah satu ucapan Jim yang cukup menggemparkan terkait dengan ijazah adalah “Buat yang masih pesimis bahwa 2 minggu sebuah proyek IT tidak bisa jadi apa-apa… saya sarankan untuk berhenti menggunakan internet. Percuma, tidak ada gunanya. mungkin sekalian diloakkan saja ijazah sekolahnya".

Status tersebut dibuat pada tanggal 14 Juni 2014 di Facebook sedang happening karena di sebuah debat capres, Jokowi membahas proyek IT sebuah E-Government yang bisa beres dalam 2 minggu.

Aktifitas Jim Geovedi Saat Ini

Yang sangat menarik dari seorang Jim Geovedi adalah keahliannya digunakan untuk hal-hal yang positif. Dia tidak mau menggunakan keahliannya untuk kepentingan pribadi. Bahkan, dia lebih suka disebut pengamat daripada hacker.

Keahliannya yang hebat membuat Jim mendirikan C2PRO Consulting, yaitu perusahaan konsultan IT untuk lembaga pemerintahan pada tahun 2001.

Kemudian tahun 2004, ia mendirikan dan mengoperasikan perusahaan konsultan keamanan TI Bellua Asia Pasific yang kemudian berubah nama menjadi Xynexis International. Di tahun 2004 juga, Jim mendirikan perusahaan jasa keamanan Noosc Global. Menurut informasi, pada tahun 2012, Jim tinggal di London, Inggris. Hebat! [sooperboy]

Artikel Terkait

Jim Geovedi Peretas Indonesia Disegani Di Dunia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email