Minggu, 22 November 2015

NASA Mulai Uji Coba Menanam Tumbuhan Di ISS

Uji coba tanaman di ISS oleh NASA
Pada bulan Agustus lalu, para astronot NASA yang berada di International Space Station (ISS) berhasil menanam selada. Kali ini, mereka berusaha untuk menanam bunga zinnia untuk pertama kalinya.

Penanaman ini merupakan bagian dari Vegetable Production System (Veggie). Penanaman bunga zinnia ini akan membantu para astoronot untuk mempelajari efek dari ketiadaan gravitasi pada tanaman.

"Menanam zinnia akan membantu kami untuk tahu lebih banyak mengenai bagaimana sebuah tanaman berbunga dalam Veggie. Hal ini akan memungkinkan tanaman berbuah seperti tomat untuk ditanam di Veggie," kata Trent Smith, Veggie Program Manager di Kennedy.

Selain itu, para peneliti juga mempelajari efek apa yang timbul pada moral astronot saat mereka berhasil menanam tanaman. Dengan menanam bunga zinnia, para peneliti akan mempelajari bagaimana ketiadaan gravitasi mempengaruhi pengeluaran serbuk sari.

Jika eksperimen ini sukses, maka ia dapat menjadi langkah awal untuk membangun rumah kaca di luar angkasa. Nantinya, para astronot dapat menikmati buah dan sayuran segar. Para kru ISS akan mencoba untuk menanam tomat di awal tahun 2017.[metrotvnews]

Artikel Terkait

NASA Mulai Uji Coba Menanam Tumbuhan Di ISS
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email